Kamis, 24 Mei 2012

PPS BRI

PPS BRI,siapa yang ga tergoda bwt menduduki posisi ini?termasuk saya, dan Alhamdulillah kebetulan saya pernah memiliki kesempatan sebagai kandidat PPS BRI, kala itu saya uwdah menembus ampe tahap interview user ato bisa dikatakan interview akhir. Berikut tahap-tahap PPS BRI yang bisa saya share:
Pertama, saat itu kebetulan saya masukin dan daftar PPS BRI ini di jobfair yang dilaksanain Unair-surabaya ntah tepatnya kpn saya lupa, dan biasanya  PPS BRI ini emang dibuka lewat jobfair2 gtu, nanti ada stand khusus PPS BRI. Disitu kita gak perlu masukin ato naruh CV kya pas ikut jobfair kebanyakan, kita hanya perlu ngisi formulir yang uwdah disediain sembari nempelin foto kita.
Setelah formulir kita isi dg lengkap kita balikin lg form tersebut, yang sebelumnya kita kasih di stand yang bertuliskan “pengembalian formulir”, nah disitu form kita di cek lg apa uwdh lengkap ato blm.
Setelah form dinyatakan lengkap dibalikin ke kita dan kita disuruh memberikannya kepada bpk2 yang uwdah siap sedia di dalam bilik lain, nah ini bagian yang rda aneh, ntah knp kita disuruh mengembalikan form tersebut kpd bpk2 yang duduk sendiri di dalam sebuah bilik. Kliatannya disitu secara sekilas dilihat performance kita , ntah gimana penilaiannya tp ntar si bpk2 tersebut ngasih paraf dan ada beberapa form ada yg ditaruh di bawah, dan saya ga paham mana yg masuk ato yang ditolak ntah yg mana,dan pada tahap ini saya sarankan bwt temen2 bersikap sopan tp gak berlebihan ketika ngasih form kepada bpk2 tersebut, jangan lupa jg rapi’in baju yg mngkin uwdah mulai acak adut selah muter2 dibeberapa stand jobfair hehe..
Setelah itu kita suruh baca pengumuman yang uwda ditempel, dsitu dibilang kalau skitar 3 hari kemudian kita disuruh liat di webnya BRI bwt liat pengumuman siapa2 aja yg lolos ke tahap berikutnya yaitu tahap psikotes, eh iya skedar info PPS BRI di bagi 3 posisi yaitu PPS umum,auditor dan IT dan kebetulan waktu itu saya milih PPS umum.
Pas wktu yg uwdh ditentuin akhirnya saya buka web BRI dan mendapati kalau saya lolos ke tahap berikutnya bwt psikotes dan wktu itu tes dilaksanain di kampus C Unair dan dilaksanain jam 08.00 pagi dan disini banyak cerita yang terjadi.
Berhubung wktu itu saya domisili di malang jd jarak tempuhnya lmayan jauh dari Surabaya dan alhasil saya telat masuk, dan parahnya yang lainnya uwdah bubar tes. Mendadak uwdh pututs asa aja saya, berasa kalau pengorbanan saya jauh2 dari malang sia2. Tp ntah saya msh pnya keinginan bwt berusaha menemui panitia bwt ikut tes susulan, dan akhirnya niat itu saya lakuin, saya memberanikan diri bwt ktemu panitia. Dan perjuangan saya gak sia2 panitia memperbolehkan saya ikut tes dg alasan memang domisili saya cukup jauh dr tempat tes. Dan selain itu ternyata pelaksana tes tahap awal alias psikotes ini bkn orang BRI nya langsung, kliatannya mereka dari anak2 psikologi unair situ aja yg masih bisa sdikit di lobi, jd saya sarankan bwt tmen2 yang telat ga usah berkecil hati te2p aja usaha tp bkn berarti saya blng telat itu gpp, sebaiknya kita memang dateng lebih awal ketika tes. Karena dg gtu kita msh pnya wktu bwt istirahat dan siap ngerjain tes dengan tenang n lancar beda kalau kita telat yang pasti selain ngos2an konsentrasi kitapun akan sdikit buyar.
Oke, setelah saya di ijinin bwt nyusul tes saya berusaha ngerjain secara maksimal dg waktu yg cukup terbatas, model soalnya seperti pada soal psikotes kebanyakan ada deret hitung,otak atik gambar,yahh semacam itulah. Abis itu kita suruh nunggu ampe jam 10.00 krn jam 10.00 akan lngsung ada pengumuman siapa yang akan lolos ke tahap brikutnya,
Jam 10.00 uwdh tiba pengumuman pun uwdah ditempel, betapa seneng dan kagetnya saya ktika tau saya msuk ke tahap selanjutnya mengingat perjuangan yng uwdh saya critain td. Nah setelah itu bwt para kandidat yang lolos lngsung suruh masuk ruangan lg bwt ngerjain tes bhs inggris, tes ini mirip tes toelf, ada listening,reading dan structure. Abis itu tes dilanjut sama tes soal kepribadian, msh seperti soal psikotes dimana disitu kita suruh milih pernyataan2 yang paling sesuai sama diri kita dan dilanjut dengan soal sesi gambar-menggambar, menggambar pohon, manusia, dan membuat gambar2 dari pola dasar yang uwdah disediakan. Abis itu kita suruh istirahat ntah saya lupa wktu itu diberi konsumsi apa gak saya sdikit lupa.
Disini kita nunggu bwt tahap berikutnya yaitu wawancara sama psikolog, klo ga salah waktu itu jam 4 dilanjut ke tahap ini. Di tahap ini ya ngobrol2 biasa aja tentang identitas kita,keluarga, sifat2 kita, pengalaman kerja klo ada, trus ditanyain jg apa kekurangan dan kelebihan kita, intinya siy menguak kepribadian kita, dan disini saya saranin bwt jd diri sendiri aj tp klo boleh saran kita jg harus tegas dan jangan malu2 krn posisi PPS ini emang ditujukan bwt mencari para staff yang kelak akan dijadikan pemimpin.setelah tahap ini selesai kita uwdh diperbolehin plng dan suruh menunggu hasilnya 1 mingguan ntar katanya akan dikabari lewat telpon ato di pasang di webnya kya kmrn pas tahap pertama. Sayapun balik kemalang.
Seminggu berikutnya berlalu dan tiba2 saya dapet sms dari BRI klo saya masuk ke tahap berikutnya yaitu interview user, lngsung sujud syukur saya,. Dan besoknya ternyata saya ditelp sma nmer yang kode dpnnya 021xxxxx dan ternyata itu dr BRI yang mengkonfirmasi kembali akan kesediaan kehadiran saya. Nah bwt persiapan saya buka2 semua hal ikhwal tentang PPS BRI yang kalau boleh saya saranin buka aja di kaskus, krn disitu lengkap bnget, gak hanya itu buka2 jg web BRI tentang produk2nya.
Dan sehari sebelum tes tersebut saya memutuskan bwt brngkt sore dr rmh dan mencari penginapan mengingat saya ga pngen telat kya kjadian yang tempo dlu apalagi ini uwdah intervier akhir, bwt tmen2 yng luar kota yg pengen nginep saya saranin nginep di daerah darmawangsa disitu banyak kos harian yang cukup terjangkau wktu itu saya 40rb/malam dan bwt saya kamarnya cukup bersih, klo ga tau daerah situ bisa minta anter tkng becak daerah gubeng tp klo bisa nego dlu, ntar kita pasti lngsung dianter ke penginapan.
Keesokan harinya saya langsung dteng ketempat tes wktu itu ada di plaza BRI jalan basuki rahmad Surabaya. Jadwal semula tes dilaksanain jam 08.00 pagi tp menunggu giliran ternyata saya dipanggil msuk ruangan pas jam 10.00
Dan saat mendebarkan itu pun di mulai, saya dipanggil dan masuk dalam sebuah ruangan dimana disitu uwdah duduk 2 bapak2 yang kliatannya tampak orang yg sangat berkompeten dalam membaca karakter orang dan dalanm perekrutan pegawai atau mungkin bisa jd mereka jg para senior di BRI. Dan saya pun dipersilahkan duduk, dan mereka meminta untuk melihat ijazah asli saya karena sebelum masuk memang kita disuruh bwt mempersiapkan ijazah dan transkrip asli kita. Setelah beberapa saat mereka melihat, kemudian terjadilah hal2 sebagai berikut:
1.       Pertama saya disuruh memperkenalkan diri, seputar keluarga blab la bla…
2.       Abis itu ditanya apa aja persiapan yang uwdah dilakuin bwt ngikutin tes wawancara ini, dan waktu saya jwb buka2 web BRI, dan baca2 koran seputar berita update saat ini.
3.       Dan pertanyaan berikutnya berlanjut ditanya tentang berita update tentang perekonomian apa yang saya tahu, dan disini saya jd menyarankan bwt temen2 ketika menjawab jangan aneh2 krn mungkin itu nantinya akan menjebak kita, karena pertanyaan yang diberikan memang sepertinya tidak berpola tp mengikuti apa yang kita katakan, jd klo bisa jwb seperlunya dan sejelas mungkin aja ga usah bawa2 hal yang terlalu nampak “tinggi” krn itu bakal menyulitkan kita.
4.       Disitu kita jg ditanya tentang produk2 BRI, jd saya sarankan bwt buka dan mempelajari webnya
5.       Kemudian saya jg ditanya tentang macam2 bank beserta contoh2 bank yang termasuk di dalamnya
6.       Saya jg ditanya tentang istilah2 perbankan
7.       Saya jg disuruh menjelaskan tentang PT.Bank Rakyat Indonesia (persero), jd apa itu yang dimaksud PT dan apa itu persero, apa macam2 persero dan apa jg yang dimaksud BRI uwdah go public
8.       Oh iya jangan lupa jg menghafal nama2 petinggi BRI krn itu jg bisa saja ditanyain siapa komisarisnya, dirutnya dsbg
9.       Kemudian ini jg salah satu kejadian menegangkan dimana saya ditanya tentang asset BRI dan saya disuruh menuliskannya di sebuah papan yang ada di samping saya, mungkin disini juga bisa dinilai karakter dari cara berdiri kita serta cara menulis kita, dan bahkan ada hal yang konyol ketika saya ditanya triliun itu nolnya ada berapa, dan sayapun tau itu ada 9 tp krn beliau2 menanyakan berulang ulang apa benar 9 membuat saya kembali berpikir, mungkin itu jg salah satu cara bwt melihat ketegasan dan kekonsistenan kita justru pada hal yang sepele.
10.   Dan yang perlu di ingat pertanyaan2 antara peserta 1 dan yang lainnya sangat jelas berbeda jd percuma aja kita nanya2 pada temen kita yg bru aj keluar wawancara, krn sekali lg pertanyaan itu bermula dan sesuai dr diri kita sendiri, misal anak hukum akan ditanyain tentang bidangnya, anak akuntasi juga bgitu atau malah pertanyaan itu muncul dari jawaban2 kita sebelumnya jd ati2 aja dalam menjawab jangan membuat pernyataan yang justru nantinya menyulitkan kita.
Masalah pertanyaan lain saya uwdah agak sedikit lupa, tp seingat saya itu td bebrapa pertanyaan yang saya dapet. Dan penutup wawancara ini bisa dijadikan salah satu acuan kita ketrima atau gak, yahh biarpun ini blm terbukti penuh kebenarannya, tp pengalaman yang kmrn misal penutup wawancaranya gini “ya trima ksh mbk lilies bwt waktunya, tlng belajar lg dan dibuka dan di cek lg web BRI nya” itu menandakan kita gak lolos, yah mungkin jawaban kita banyak yang ngawur makanya suruh belajar lg hehe.. berbeda kalau akhir wawancaranya santai seperti “gimana uwdah punya pacar?ada rencana bwt nikah dalam waktu dekat ini” ato pokoknya mlah ga bgitu serius biasanya itu malah ketrima.
Oh iya sekedar pelengkap info PPS BRI ini emang ikatan dinasnya 5 Tahun dimana 3 tahun kita belum boleh nikah dlu, disini jg ada system penalty klo pas jaman saya wktu itu 150 jt, maksudnya disini klo kita keluar sebelum masa ikatan dinas abis maka kita kena denda 150 jt tp saya pikir dg posisi yang bagus gni pasti gak ada yang mau keluar lah hoho..nanti pendidikannya 11 bulan dimana disitu kita di ajari dan nantinya kya kuliah gt di akhirnya kita suruh bkin laporan semacan skripsi tentang apa yang uwdah kita dapet selama hamper 11 bln. Masalah jenjang karir yang pasti kita uwdah bkal jd pegawai tetap bahkan staf BRI dan mungkin kedepannya akan jd kepala cabang ato kepala unit ditiap2 daerah. Sekedar info jg dr sumber yang saya dapet katanya selama kita jd PPS gaji kita uwdah 3,9 jt itu belum tunjangan dan yang lainnya, jd bisa dibayangkan gaji klo kita uwdah resmi bekerja nantinya, sebagai seorang freshgraduate tentunya ini nominal gaji yang sangat besar dan itulah knp bnyak yng menginginkan posisi ini.
Yahh kembali ke tes wawancara, abis itu kita diperbolehkan plng, oh iya lupa pas tes td kita diksh konsumsi sekotak kue dan sebotol air mineral “cleo” haha inget bngt kalau masalah konsumsi, dan kita suruh nunggu skitar 1 minggu lg, katanya bkal ditelpon nantinya.
Skitar hari ke 3 stelah tes wawancara saya dpet sms dr tmen tes saya yg bilang kalau dia abis aja ditelp BRI bwt medcheck lusa, dan saya pun sms temen saya lainnya, diapun sma kya saya ga dpet telp tp temennya dia konon katanya jg uwdah ditelpon. Dan disitu saya sadar kalau mungkin saya emang ga lolos tp sya tetep optimis menunggu sampai seminggu krn wktu itu emang masih 3 hari pkir saya sapa tau medchecknya bertahap. Tp ketika seminggu berlalu saya ga mendapati telpon itu juga dan disitu saya sadar dan mengikhlaskan kalau saya bner2 ga lolos. Medcheck adalah tes terakhir klo itu lolos maka resmi jd PPS BRI. Semoga tulisan ini bermanfaat bwt temen yang pengen ikut PPS BRI, dan semoga lolos dan sukses y, amin.

22 komentar:

  1. hemmm...maaf sebelumnya, setau gw triliun itu nol'nya ada 12 klo nolnya 9 itu miliyar bukan??

    btw thank for the information you give about pps bri :D

    BalasHapus
  2. setuju komen diatas, trilliun itu 12 mbak, tp makasih untuk mau berbagi info seputar pps bri :)

    BalasHapus
  3. sangat membantu! makasih bagi2 info nya.. sukses :)

    BalasHapus
  4. mba tetap semangat ya, terimakasih menyempatkan waktunya untuk menulis blog yg sangat berguna ini.

    BalasHapus
  5. informasi yang sangat berguna.
    sukses selalu. :)

    BalasHapus
  6. #ikutan nimbrung yah#
    Setau saya masa pps tidak boleh menikah itu 2 tahun deh, bukan 3 tahun.
    1 tahun pertama saat masa pendidikan dan 1 tahun setelah diangkat menjadi pegawai tetap.
    Tks

    BalasHapus
  7. trilyun 12 nol mbak...
    mungkin karena kengeyelan mbak ttg trilyun nolnya 9 yg bikin post ini tidak memanjang
    hehehe

    BalasHapus
  8. terima kasih udah share ceritanya......

    BalasHapus
  9. masalah triliun ditanya berkali2 tu maksudnya bukan ngetes ketegasan, tapi memang salah hehehe, btw thanks tuk tutornya...

    BalasHapus
  10. makasi artikel nya, bermanfaat sekali. gara2 ini jadi punya pandangan tentang PPS BRI dan akhirnya ikut bulan maret lalu, ceritanya bisa dibaca di http://ihateyesterday.wordpress.com/ :) terima kasih

    BalasHapus
  11. pengalaman yang mengharukan kak..
    padahal tinggal selangkah lagi ya..
    tetap semangat ea ^o^


    BalasHapus
  12. terimakasih sharenya. wish you all the best.

    BalasHapus
  13. Pengalaman yang menarik... Semoga dapat pekerjaan yang Lebih Baik ya...

    BalasHapus
  14. thanks atas sharingnya..sangat bermanfaat.. :)

    BalasHapus
  15. informasi yang sangat membantu ini, terutama bagi saya yang saat ini juga akan mengikuti tes wawancara pps BRI...
    thnx sista buat infonya..

    BalasHapus
  16. tetap semangat mbak
    thnx buat tips2 nya

    BalasHapus
  17. nasib qt sama sist aq kmrn pps audit di palembang.. mgk krn pas wwncr itu gue cengengesan, dan jawabnya gak sesuai teori dan sikap yg formal,, pdhl tinggal medcheck dan direksi,,, sm jg nasib gue yg di MT garuda batch 4,,tinggal medcheck dan direksi,,
    kesel jg sih,, rasanya smp skrg blm ikhlas,, huft,, tp kedepan kyknya mau coba yg pps umum,, mari kita coba trs sist jalur MT, yakin nanti pst dpt,,, Amin...

    BalasHapus
  18. Misi kak, bgmn cr buka https untuk daftar pps BRI.. kok sy ga bs buka ya web tsb?

    BalasHapus