Selasa, 12 Juni 2012

ODP BTN

ODP BTN, salah satu tes yg berkesan dengan sgala soal2nya hehe..yahh lngsung kita mulai saja cerita dan penjelasannya.
ODP BTN ini dftarnya lwt online, dan kebetulan saya wktu itu dpet info dri seorang tmen dank lo gak kita bsa ada gaknya lwongan ini melalui web banknya langsung. Dan saya pun mendaftar secara online, dan saya inget bngt itu dhari terakhir krn sbelumnya adek saya msuk rumah skit dan saya hrus ngejagain. Nah disitu kita dsuruh ngisi formulir, saya lpa apa aj pkoknya yahh kita lengkapin aj semuanya . abis itu ntah nunggu brp lam saya jg sbenernya kurang paham, hingga sampai akhirnya seorang tmen memberitahukan klo sya lolos dan masuk tahap awal, jd dsini saya saranin stelah dftar online bwt sering2 ngecek webnya BTN bwt tau apa pengumumannnya sudah muncul ato blm.
Tes tahap pertama, katanya interview awa kita suruh bwt CV lengkap krn sbelumnya emang cman online, tempat tesnya wktu itu di BTN nya langsung di jl pemuda Surabaya, dan setelah jauh2 dr malang ternyata dsana cman ngumpulin CV yg diminta aj gak ada interview, dengan alasan pesertanya banyak, dan emang bner ternyata pesertanya 1600 orang.
Seminggu kemudian kita suruh liat webnya buat liat siapa aj yg lolos tahab administrasi alias pengumpulan CV td, dan dari situ dipangkas hingga akhirnya jd skitar 400 an orang dan Alhamdulillah saya termasuk di dalamnya. Dan bagi yg lolos ini berhak mengikuti tahap berikutnya yaitu “TES PENGETAHUAN UMUM DAN PERBANKAN”, dan wktu itu tes dilaksanain di Gedung ABC Ubaya. Tes ini seputar pengetahuan umum dan soal2 ekonomi dan perbankan, saya saranin dsini tmen2 baca2 pelajaran ekonomi jaman SMA krn soalnya bnyak dari situ jg isu2 yg lg in skrng, ya mngkin siy emang soalnya gak bkalan sama tp prediksi saya pasti gak jauh2 dri seputar soal2 ekonomi misalnya wktu itu:
  1. Tentang pasar oligipoli dsb
  2. Fungsi2 bank, bank Indonesia dsb
  3. Tentang inflasi
  4. Macem2 bank
  5. Pengertian bank,pasar dsb
Yahh pokoknya mnurut saya itu soal2 ada dipelajaran ekonomi SMA semua klo isu yg lg hit misalnya siapa pencipta facebook, siapa gubernur BI saat ini ya gtu2 lah jd emang diperlukan pengetahuan umum yang luas.klo gak salah soalnya waktu itu 100 soal.setelah selesai kita kembali disuruh nunggu dan melihat hasilnya minggu dpn tetap melalui web.
Seminggu kemudian dengan kepercayaan diri yg 50;50 krn dari 100 soal yg saya yakin skitar 70an yg lainnya msh agak ragu, saya pun buka web dan melihat nama saya, dan Alhamdulillah dari skitar 150an yg lolos kembali saya termasuk didalamnya.
Tahap berikutnya adalah tes “POTENSI AKADEMIK” dan tes ini buat saya sangat sulit dan memang saya akhirnya harus gugur di tahap ini, dan penyelenggara tes yg digunakan memang OTO BAPPENAS, yang itu terkenal dipake bwt tes pegawai2 pemerintahan maupun perusahaan2 besar, tp saya ckup ikhlas krn dari skitar 150an orang ternyata yang lolos bwt ke tahap berikutnya hanya 6 orang. Berikut gambaran mengenai tes ini:
*soal terdiri dari skitar 300an soal ada kali ya kyanya saya agak lupa, soalnya mirip kya tes msuk STAN klo uwdah ada yg pernah ikut pasti tau, jd seputar sinonim kata, antonym tp ini bner2 kosakatanya yg spertinya baru sekali itu saya denger bner2 kosakata yg awam skali di pake, jd mungkin sebaiknya bwt persiapan bnyak2 membaca kamus besar bahasa Indonesia. Trus jg ada silogisme, premis mayor2 gtu, trus jg ditambah kya psikotes yg bolak balik dadu, gambar2 gtu, di bagian matematikanya ad jg deret hitung, trus soal2 matematika kya ngehitung kecepatan, masang ubin perlu brp hari jika sehari 7 orang blab la bla semacam itulah, trus jg kya persamaan y=x x<z jd y..z ya semacam itulah, trus jg ada soal bacaan bahasa Indonesia dan itu bacaannya panjang dan pertanyaannya jg rda ambigu gmn gtu, pokoknya satu kata bwt “TPA OTOBAPPENAS” ini adalah “SULITT”.
Dan setelah tes itu selesai kita istirahat sejenak bwt makan siang dan sholat. Dan makan siang yg disiapkan ckup mewah haha..satu kotak nasi ukuran ckup besar dimana didalamnya bnyak sekali lauk yg tersedia jg buah pencuci mulut. Setelah istirahat selesai kita lanjut ke tes tahap kdua yaitu tes bahasa inggris.
Dan lembaga yg ngetes kali ini adalah ILP langsung dari Jakarta, hmm..bahasa inggrisnya siy lumayan, biarpun saya ga jago bhasa inggris tp listeningnya cukup jelas dan vocabnya bisa kita pahami, ya tp skali lg biarpun bhs inggrisnya lmayan bsa di atasi tp TPA nya kurang meyakinkan dan akhirnya gak lolos. Dan yang bkin ikhlas ternyata dri sekian bnyak jg cman 6 yg di ambil, saya rasa mereka ini adalah anak2 yg super jenius. Dan ke 6 anak ini berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu psikotes yang diadain lngsung di Jakarta, dan setelah ini ada tahap lg diskusi kelompok klo ga salah hingga akhirnya terakhir medchek. Yahh segitu aj yg bisa saya bagi krn tahap2 selanjutnya saya blm bsa msuk.
Oh iya cman skedar saran ketika menjalani tes TPA sebaiknya waktu di atur jangan terpaku pda satu soal yg sulit lngsung aj cari soal lain, krn mnurut pengalaman saya soal2 yg dibelakang itu jauh lebih mudah, intinya usahakan menjawab sebanyak2nya dan benar dan salah satu solusinya y itu dg melewati soal yg bnyak menghabiskan waktu dan cepat2 mencari soal2 yg mudah, tp tetap kita harus tenang, jangan panik dan tetap konsentrasi penuh. Tmen2 jg bsa nyari refensi tentang OTO BAPPENAS ini di blog2 atau thread kaskus yang lebih lengkap, intinya persiapkan segalanya dengan baik, optimis dan jangan lupa berdoa. Ok, sekian semoga berhasil teman2..

2 komentar: